Selasa, 23 Agustus 2011

Puncak dan Taman Bunga Nusantara Cipanas Jawa Barat


13134808601133830388
Taman Bunga Nusantara
Saat saya masih kanak-kanak  sering ke Puncak bersam Om saya yang bekerja di Departemen Pertanian dan  memiliki kebun Percobaan di Cipanas. Dan saat remaja saya sering sekali ke daerah wisata yang pemandangan sangat cantik ini,  yang jaraknya dari Bogor, tempat saya tinggal,  tak terlalu jauh. Pada masa itu saya sering menggunakan kendaraan umum (angkot)  bersama teman sekedar makan jagung bakar sambil menikmati alam yang menghamapar hijau dan udara yang sejuk serta air yang dingin.
1313481923186983515
Puncak…dok: Lily
Setelah berkeluarga dan  menetap di Jakarta, saya ke Puncak bersama keluarga berangkat setelah sholat subuh, untuk menghindari kemacetan yang selalu terjadi pada hari sabtu dan Minggu.  Sampai di Puncak hari masih pagi dan kita jalan2 di perkebunan teh  gunung mas, anak-anak suka sekali saling berkejaran di alam bebas dengan udara yang segar.
Kemudian dilanjutkan dengan brunch di  restaurant yang kontroversial sejak saya remaja. Restaurant milik pejabat/ petinggi Jawa barat yang konon kabarnya seharus tak mendapat izin untuk mendirikan restoran di lokasi itu.  Menurut kabar (saya sendiri tak tahu persis kebenaran berita yang sering disampaikan oleh masyarakat ini)  akan dibongkar tetapi hingga sekarang Restoran itu  tetap berdiri megah dengan hidangan yang nikmat dan kita bisa melihat kesekeliling. Melihat nun jauh kebawah dengan mobil yang terlihat kecil.
Selepas brunch di resto yang sangat populer ini  kita kembali turun dan dan menikmati keelokan alam yang terbentang luas menghijau dan menjelang zuhur kita tiba di Masjid Atta’awun yang  indah yang waktu itu baru dibangun.
13134822471217822262
Masjid Atta
Selepas sholat di Masjid itu kita melanjutkan perjalanan ke Bogor dan saat itulah ramai sekali mobil yang naik ke Puncak. Di Bogor kami bersilaturahmi kerumah kakak2 saya yang tinggal di Kota Hujan ini dan menjelang senja biasanya kita kembali ke Jakarta. Kadang sempat sholat Magrib di rest areaBogor dilanjutkan makan malam di resto yang bertebaran disana.
131348236221880520
Rest Area Bogor (jadul th2008)
Kali ini saya juga ingin bernostalgia dan ingin sekali ke Puncak. Kakak suami beserta keluarga bersedia  mengantarkan saya malah katanya langsung saja ke Taman Bunga Nusantara yang lokasinya di Cipanas yang tak terlalu jauh dari Puncak. Tentu saya tak menolak tawaran ini
13134824711927001999
Taman Bunga Nusantara (dok: Lily)
Jalanan ke arah  Puncak terkenal akan macet nya tetapi dibulan Ramadhan  dan hari selasa pula, tak ada kemacetan walau jalanan cukup ramai. Kita berangkat agak siang dan tiba di masjid Atta’awun saat zuhur sudah masuk. Kita sholat dan berfoto disana.
Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Taman Bunga Nusantara meliwati restaurant Rindu Alam dan pulangnya kami sempat  berhenti di area parkir nya hanya sekedar menikmati pemandangan alam, karena belum waktu berbuka ketika sampai restoran yang cukup populer ini.
Perjalanan menuju ke Taman Bunga Nusantara ada beberapa ruas jalan yang rusak dan belum diperbaiki. Akhirnya kita sampai juga ke Taman bunga yang indah…
13134826511093603927
di Taman Bunga Nusantara (dok:lily)
Suasana sangat sepi tentu  karena bulan Ramadhan.  Saya mengitari taman yang didesign khusus dengan 8 tema ini. Sebenarnya  taman ini  bisa dikelilingi dengan mobil yang disediakan. Tapi saat itu saya tak menyadari untuk menanyakan penggunaan mobil  sehingga taman yang luas itu saya kelilingi dengan berjalan kaki. Tentu saja tak semua  taman yang luasnya 35hektar ini terkelilingi. Untunglah saya  bisa memandang keseluruh area dari menara disana.
Salah satu yang paling menarik perhatian saya adalah topiari burung merak dengan bunga yang terbentang membentuk seperti ekor burung merak dengan warna yang memikat. yang saya baca dari blog disini ekor burung merak  dibentuk oleh 20.000 bunga musiman yang seluruhnya berasal dari luar negeri, seperti bunga pentunia. Bunga ini disebut bunga musiman karena memiliki masa hidup dan berbunga antara 2-3 bulan saja.
1313484203721543694
burung merak (dok: lily)
Angsa hitam yang jarang ditemui di tempat biasa, di area taman Air ini ada beberapa ekor begitu juga angsa putih berenang renang di danau yang besar. Kabarnya binatang-binatang ini didatangkan dari luar negeri.
13134851651392965343
Angsa Hitam
13134852251914792854
Taman tema air
Walau saat berpuasa tapi tak terasa penat  berkeliling melihat taman dengan tema yang berbeda seperti taman Perancis, taman Mawar, taman Rahasia (labirynth), taman Mediterania, taman Palem, taman Bali dan Taman Jepang. Setelah puas berkeliling saya kembali ke Jakarta.
Diperjalanan menuju Jakarta agak macet,   banyak penduduk yang ngabuburitmenggunakan motor sehingga membuat lalu lintas tersendat. Sehingga perkiraan kita meleset.  Azan Magrib sudah berkumandang sebelum kita mencapai resto ciawi langganan kakak ipar saya. Dan lebih membuat kita kecewa ternyata restaurant itu tutup terpaksa kita harus makan di Bogor. Yang dicapai 10menit lewat tol.